Google

Tuesday, May 6, 2008

Tips Membeli Laptop

Tips Membeli Laptop



Nongkrong di kantin, ngelihat benda kotak ada layarnya ada keyboardnya, plus ada mahasiswa senyum-senyum atau bengong di depannya. Ya itulah laptop, benda yang mengantarkan seorang Tukul Arwana menjadi mega-star seperti sekarang ini. Menurut pengamatan penulis, selama setahun kuliah, di FK Unud keberadaan laptop menjadi hal yang lumrah. Apalagi setelah munculnya hotspot kampus, semakin banyak mahasiswa yang nongkrong pakai laptop.

Buat yang belum memiliki laptop dan ingin membelinya ikuti tips berikut, yang penulis simak dari beberapa sumber dan pengalaman penulis (mendengar plus mencicipi laptop saudara):
1. Kenali jeroan notebook. Banyak rekan penulis yang masih bingung mendengar istilah-istilah aneh saat penjual menawari mereka laptop, berikut jargon-jargon (istilah red.) yang perlu rekan-rekan ketahui:

  • Processor: Ini intinya notebook yang bakal nentuin kinerja laptop kita. Biasanya kita ditawari Intel atau AMD, yang tentunya serupa tapi tak sama. Ada berbagai macam pilihan, biasanya untuk kerja standar macam ngetik atau dengerin musik, rekan-rekan udah cukup Intel Celeron atau AMD Sempron. Tapi buat yang punya rejeki lebih tidak ada salahnya mencoba Intel Core 2 Duo atau AMD Turion 64.
  • GPU: banyak juga penjual yang nanyain kartu grafisnya apa? Kalo ini sih biasanya rekan-rekan yang suka main game yang konsen. Biasanya yang cukup terkenal di laptop merek nVidia atau ATi. Tapi buat rekan-rekan yang mau simple lebih baik pakai bawaan standarnya aja.
  • RAM: ini salah satu faktor yang nentuin kecepatan laptop. Di pasaran umumnya yang paling rendah 256 mb, tapi buat yang pengen ngebut sampai terbang silahkan upgrade ke 2 GB.
  • Hardisk: bukan istilah baru lagi. Rata-rata sekarang sudah 60 GB
  • USB slot: wajib buat teman2 yang seneng nyolok-nyolok (flashdisk maksudnya)
  • Wi-Fi: bukan istilah baru lagi di kampus FK. Buat yang suka pakai hotspot kampus pastikan laptop anda memiliki ini.

2. Cek Dana. Hati-hati jangan sampai toko nafsu dengan rayuan penjual (mana cantik atau ganteng pula) tapi sampai di kasir uang di dompet kurang. Jangan terlalu tergiur promo, jika memungkinkan keliling dulu untuk cari harga plus spesifikasi yang pas.
3. Kenyamanan & Garansi: cek layar ama keyboard, soalnya kalau sudah punya susah digantinya. Jadi coba dulu laptop yang biasanya dipajang di depan stand. Garansi juga dicek, cari yang ada servicenya di Bali. Jangan sampai laptop anda dikirim ke Jakarta bahkan keluar negeri dikala ada masalah.
4. Merek: buat para rekan-rekan yang brand-minded mungkin bisa milih merek Toshiba, Acer, Apple, Axioo, HP, atau Sony. Setiap merk memiliki kelebihan masing-masing. Jadi It’s Your Choice
5. Kebutuhan: ini yang paling penting. Banyak tabloid dan website komputer menyebutkan “Jangan tergiur dengan spek gila-gilaan”, apalagi baru dapat rejeki lebih. Jika anda seorang mahasiswa kedokteran yang hobi main game macam Warcraft, Counterstrike, atau Command & Conquer atau mungkin seorang video-editor, spek mewah wajar dimiliki. Tapi jika hanya untuk browsing FS, ngelihat slide kuliah dosen, baca jurnal, atau mengetik laporan cukuplah dengan spesifikasi standar saja. Sekali lagi hal ini subjektif, tergantung keperluan dan dana rekan-rekan. Tapi belakangan ini banyak rekan-rekan penulis yang mempercayai mindset ini, mengingat teknologi komputer yang berkembang begitu cepat. Mungkin saat artikel ini rekan-rekan baca 6 bulan lagi, trend processor yang penulis sebut diatas sudah bergeser.

Itulah beberapa tips membeli laptop. Semoga dapat dijadikan referensi buat rekan-rekan.

Nb: Buat teman-teman yang setelah membaca artikel ini, membeli laptop. Jangan lupakan berbagi dengan teman kalian (terutama pas browsing internet bareng).

Tips Membeli Notebook ataupun Laptop


Kali ini, penulis ingin berbagi sedikit tips kepada pengunjung yang mampir ke blogs penulis. Kali ini tips yang ingin dibagikan yaitu sekilas pertimbangan ketika ingin membeli laptop atau notebook so lets cek it now…
tips-membeli-laptop.jpg

Hmm..kembali ke laptop….mybe itu adalah kata yang sedang ngetop saat ini, yup kata itu biasa diucapkan presenter 4 mata saat membawakan acaranya. Kita tahu bahwa laptop digunakan alat bantu untuk mendukung acara tersebut dan tanpa disadari saat ini laptop merupakan barang yang bukan mewah lagi. Sebagai contoh saat ini banyak sekali mahasiswa dikampus saya yang membawa laptop entah itu kebutuhan, alat pendukung ataupun hanya ingin pamer saja. Yang jelas piranti satu ini merupakan salah satu fenomena yang sedang marak untuk dimiliki..loh emang gitu..? lihat saja beberapa waktu lalu para anggota dewan kita mencak-mencak minta laptop dengan alasan untuk pendukung kinerja mereka and ngk tanggung-tanggung biaya yang diinginkan yaitu tipe laptop dengan harga 25juta. Belum lagi baru-baru ini pameran computer ditempat saya berada lebih banyak menawarkan konsumen berupa laptop karena saat ini laptop dinilai lebih mudah dibawa kemana-mana dan harga na yang semakin terjangkau.

Namun ada satu hal yang harus dipikirkan sebelum membeli barang yang satu ini,yaitu bagaiman kita membeli laptop yang sesuai dengan kita. Karena kita tak memungkiri bahwa laptop saat ini dapat disejajarkan dengan hp,loh dalam hal apa..??? tentu saja sama karena dalam beberapa waktu saja tipe and varian laptop semakin berkembang dan harganya semakin kompetitif antar masing-masing vendor. Jadi mari kita selidiki beberapa tips yang dapat digunakan untuk memilih and membeli laptop.

Dari beragam iklan yang ditawarkan di media massa ataupun dari pameran computer bahkan dari took online, saya lihat laptop atau notebook yang dijual berasal dari beberapa merk (dari brand atau merk yang sudah terkenal buatan luar negeri sampai merk dalam negeri) dengan spesifikasi hardware yang beragam dan harga yang sangat kompetitif (bikin saya makin ingin beli laptop). Tapi dari hal-hal tadi saya simpulkan :
§ Belilah laptop sesuai kemampuan keuangan kita (harga laptop sekarang mulai dari 5 juta sampai 25 juta-an). So sebelum membali cek lagi dana kita berapa…
§ Belilah laptop sesuai untuk pekerjaannya (jangan beli laptop dengan spefikasi yang wah seharga 21 juta hanya untuk mengetik, buat slide presentasi dan sufing doank, toh dengan laptop seharga 5-8 juta-an sudah bisa). Namun kalo dana kita banyak ya tidak masalah namun ada satu hal yaitu percuma….beli laptop mahal namun dipakai untuk pekerjaan ringan karena laptop mahal berarti kemampuan tinggi alias high performance….
§ Sebelum beli bandingkan beberapa merk laptop, karena biasanya ada perbedaan harga yang lumayan padahal spefikasi hardware laptopnya tidak berbeda jauh.
§ Bila anda sungguh-sungguh untuk membeli laptop yang murah carilah ketika ada pameran komputer, karena biasanya harga ketika pameran sedikit lebih murah. Selain harganya lebih sedikit murah, kalau kita pinter negosiasi biasanya akan mendapat gift alias hadiah tambahan seperti mouse atau screen pelindung monitor untuk laptop. Bahkan bisa saja dapat baju atau flashdisk or mybe printer…
§ Bila beli yang bekas, usahakan untuk membeli dengan teman yang mengerti mengenai komputer sehingga dapat memilih laptop yang tepat.
Selain tips diatas, ada lagi yaitu tips beli laptop atau notebook berdasarkan spefikasi hardware laptopnya, yaitu :
§ Prosessor, kalau masalah inti otak laptop ini, saya sarankan belilah laptop yang prosessornya Mobile (prosessor khusus buat perangkat bergerak terutama laptop) jangan yang prosessornya buat PC desktop. Meski pun harga laptop berprosessor Mobile agak tinggi, tapi pemakain dayanya lebih bagus. Lalu cari yang bukan prosessor value (kecuali buat laptop hanya untuk pekerjaan yang tidak terlalu berat, contoh untuk mengetik,dll), untuk contoh prosessor value adalah Intel Celeron atau AMD Sempron. Untuk soal kecepatan 1,6 GHz-1,8 GHz itu sudah cukup untuk kalangan biasa, kecuali untuk image-audio-video editing dan game (yang tertentu saja) mungkin yang kecepatan 1,8 GHz - 2,0 GHz itu akan lebih baik. Adapun perkembangan prosesor saat ini berkembang. Mulai dari intel centrino, intel centrino core duo dan yang marak data ini intel core 2 duo. Untuk AMD sendiri merilis sekitar jenis AMD sempron, AMD Turion, hingga AMD Turion X2.
§ Memory, untuk masalah memory cari saja yang standar (256 MB-512 MB) untuk laptop sudah cukup, kecuali bila ada keinginan untuk install OS Windows Vista,cari yang memorinya 512 MB (standar minimal memori Vista) atau 1 GB kalau bisa.
§ Hardisk, untuk masalah media penyimpanan standar Hardisk berkapasitas 40 GB sudah cukup tapi kalau ada yang berkapasitas 80 GB itu lebih baik (karena biasanya data di laptop hanya untuk sementara saja) , kecuali bagi laptop untuk image-audio-video editing dan game mungin perlu hardisk yang cukup besar,misalnya 160 GB.
§ Masalah tampilan untuk Grafik, soal ini biasanya laptop memakai grafik onboard (biasanya dari intel ), tapi ada yang memakai dari chip buatan ATI atau NVIDIA tapi biasanya itu jarang dan ada pada laptop kelas menengah ke atas, untuk pemakaian umum grafik ini tidak perlu dipersoalkan tapi untuk kalangan antusias mungkin harus cari yang lebih bagus (ingat bahwa chip grafik di laptop biasanya bersatu dengan mainboardnya tidak terpisah dalam cardnya seperti pada PC desktop, jadi tidak dapat di upgrade).
§ Monitor, disarankan monitornya yang sedang saja (14’ inchi-15’inchi), jangan terlalu kekecilan (12’ inchi),nanti tidak jelas atau yang besar (17’ inchi) karena besar monitor berpengaruh terhadap harga laptopnya serta kepada konsumsi daya si laptop itu sendiri.
§ Cari laptop yang punya koneksi wifi yang medukung jaringan A/G atau lebih baik lagi yang mendukung jaringan ABG jadi lebih tenang (sebenarnya jaringan wifi standar A di dukung oleh standar G hanya kecepatan datanya lebih rendah yang A, tetapi standar B tidak di dukung oleh keduannya (A/G), jadi yang mendukung jaringan ABG itu lebih baik bahkan coba juga yang mendukung jaringan wifi standar N yang terbaru walau pun ada kemungkinan itu juga agak langka). Salah satu alasan penggunaan laptop adalah untuk ngespot alias ngenet pake hospot bener ngk…??? Walaupun biasanya ada onboard untuk LAN card nya juga sech
§ Untuk perangkat optic (CD-ROM, dll), rata-rata sekarang pembuat laptop memasangakan perangakat optic sudah mendukung DVDRW walaupun ada juga yang hanya Combo (CDRW+DVDROM) atau hanya DVDROM saja, tapi menurut saya DVDROM atau COMBO sudah cukup karena perangkat ini jarang dipakai untuk menulis (write) tapi lebih banyak digunakan membaca (read) karena perangkat optik ini juga berpengaruh terhadap harga. Namun ada baik nya memilih untuk paket perangkat berupa DVD-RW karena paket ini kita sudah bisa melakukan apapun baik itu untuk cd read-write dan juga dvd read-write.
§ Untuk tambahan perangkat yang lain seperti bluethoot,card reader, finger scan, dll intu juga dapat menjadi pertimbangan.
§ Jangan lupa setiap pembelian laptop atau notebook, tanyakan mengenai garansi, service centre, dan juga cd driver. Untuk masalah cd driver ini biasanya hanya diberikan kepada jenis laptop dengan paket non Os. Biasanya took yang menyertakan paket Os kepada laptopnya hanya memberikan cd back up untuk Os nya itu sendiri dimana biasanya cd back up itu sudah include dengan driver nya si laptop. So ini juga diperhatikan.

Posted in informatika room.

Tips membeli atau memilih notebook / laptop


Akhir-akhir ini perkembangan penjualan notebook/laptop mengalami peningkatan yang sangat mencolok dan nyaris menyamai penjualan personal computer (PC). Laptop sudah tidak lagi sekedar menjadi kebutuhan kerja tetapi sudah hampir menjadi gaya hidup seperti halnya hand phone. Dulu, saya sempat bingung ketika sebagian orang menyebut laptop dan sebagian lagi menyebut notebook, lalu saya bertanya apakah ada bedanya. Ternyata, perbedaannya adalah dari segi etimologi bahasa, pada mulanya ‘lap’ yang berarti pangkuan dan ‘top’ yang berarti atas merupakan nama umum dari komputer yang bisa ditaruh dipangkuan, lalu karena sebagian besar pengguna laptop tidak selalu memangku laptop tetapi ditaruh di meja (karena kalau dipangku panas), maka kata laptop menjadi tidak relevan lagi dan muncullah ‘notebook’ yang diibaratkan komputer kecil yang bisa dilipat-lipat.

Beberapa hal yang perlu dijadikan pertimbangan saat kita ingin membeli notebook/laptop :

Fungsi
Yang paling diuntungkan oleh mobilitas laptop adalah seorang penulis, mahasiswa yang sedang skripsi, administrasi, programer dan berbagai jenis pekerjaan yang berbau ‘mengetik’. Jadi, jika anda seorang gamer rasanya kurang begitu bijak untuk membeli laptop karena dengan harga laptop middle end anda sudah bisa mempunyai spesifikasi PC yang tinggi. Kira-kira budget yang dibutuhkan sekitar 4-6 juta, tidak perlu sampai 21 juta jika hanya untuk mengetik dan presentasi dalam sidang.

Garansi dan Operating System
Untuk garansi, pastikan toko tersebut sudah terjamin dalam pelayanan masalah garansi, beberapa penjual memang agak ‘resek’ tentang masalah garansi ini. Atau beli merek yang ada garansi internasional dan lokalnya. Jika ingin OS yang benar-benar asli, biasanya ada serial numbernya di body notebook. Tapi kita kan di Indonesia, tidak perlu repot-repot masalah OS original.

Hardware
Komponen yang paling mempengaruhi harga notebook adalah monitor dan processornya, komponen lain seperti memory, hardisk, kartu grafis, optical drive, wifi, dll biasanya akan mengikuti. Semakin tinggi processor maka komponen lainnya juga semakin lengkap dan bagus, walaupun akan banyak improvisasi dari masing-masing vendor, tapi tidak akan berbeda terlalu jauh. Untuk hal ini, anda sedikit butuh kerja karena anda harus membandingkan harga antara satu toko dengan yang lain untuk spesifikasi yang mirip.

Slowly
Bila anda sungguh-sungguh ingin membeli laptop dengan harga yang cukup murah, usahakan untuk membeli waktu pameran (harga agak miring sedikit, tapi tetap usahakan dari toko yang sudah anda kenal baik pelayanannya).





No comments: